• SMA NEGERI 1 PASAMAN
  • Berprestasi dan Berakhlak Mulia

Pesantren Ramadhan 1444 H : "Penyelenggaraan Jenazah"

Mengurus atau menyelenggarakan jenazah merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap muslim terhadap saudaranya yang telah meninggal dunia. Dalam syariat Islam, ada beberapa tata cara yang harus dipenuhi saat mengurus orang yang sudah meninggal. Mengingat hukum mengurus jenazah adalah fardu kifayah, tentu tata cara mengurus jenazah perlu diketahui setiap muslim.
 
Sudah seyogyanya setiap kita mengetahui dan bisa melakukan penyelenggaraan jenazah, karena kematian bisa datang kapan saja terhadap diri kita atau keluarga kita. Kalau kita yang meninggal, tidak perlu cemas lagi jika kita tidak tahu tata cara penyelenggaraan jenazah, karena jenazah kita tidak mungkin akan mandi dan mengafani diri sendiri.
Tapi, bagaimana kalau yang meninggal dunia itu orangtua kita, kakek nenek atau saudara kita? Apa mau diupahkan penyelenggaraannya kepada event organizer penyelenggara jenazah sampai selesai (paket komplit)...?
 

Tata Cara Mengurus Jenazah

Seperti yang sudah diketahui, ajal bisa menimpa kapan dan kepada siapa saja setiap saat. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban setiap muslim untuk mengurus jenazah, jika ada orang yang meninggal dunia. Penyelenggaraan jenazah seorang muslim merupakan fardhu kifayah, yang terdiri atas;

1. Memandikan,
2. Mengafani,
3. Menyalatkan,
4. Menguburkan.

Memandikan Jenazah

Tata cara mengurus jenazah yang pertama adalah memandikan jenazah. Hal ini sebagai tindakan untuk memuliakan dan membersihkan tubuh orang yang sudah meninggal dunia. Adapun tata cara memandikan jenzah dalam Islam yang benar adalah sebagai berikut:

1. Meletakkan jenazah dengan kepala agak tinggi di tempat yang disediakan. Pastikan orang yang memandikan jenazah memakai sarung tangan.

2. Setelah itu, ambil kain penutup dari jenazah dan ganti dengan kain basahan agar auratnya tidak terlihat. Bersihkan giginya, lubang hidung, lubang telinga, celah ketiaknya, celah jari tangan, dan kaki serta rambutnya.

3. Langkah berikutnya, bersihkan kotoran jenazah baik yang keluar dari depan maupun dari belakang terlebih dahulu. Caranya, tekan perutnya perlahan-lahan agar apa yang ada di dalamnya keluar. Kemudian siram atau basuh seluruh anggota tubuh jenazah dengan air sabun.

4. Setelah itu, siram dengan air yang bersih sambil berniat sesuai jenis kelamin jenazah.
Niat memandikan jenazah laki-laki:

Nawaitul ghusla adaa 'an hadzal mayyiti lillahi ta'aalaa

Artinya: "Aku berniat memandikan untuk memenuhi kewajiban dari jenazah (pria) ini karena Allah Ta'ala."

Niat memandikan jenazah perempuan:

Nawaitul ghusla adaa 'an hadzihil mayyitati lillahi ta'aalaa

Artinya:

"Aku berniat memandikan untuk memenuhi kewajiban dari jenazah (wanita) ini karena Allah Ta'ala."

5. Setelah membaca niat, miringkan jenazah ke kanan, basuh bagian lambung kirinya sebelah belakang. Setalah itu, siram dengan air bersih dari kepala hingga ujung kaki dan siram lagi dengan air kapur barus.

6. Jenazah kemudian diwudhukan seperti orang yang berwudhu sebelum sholat. Perlakukan jenazah dengan lembut saat membalik dan menggosok anggota tubuhnya.

7. Jika keluar dari jenazah itu najis setelah dimandikan dan mengenai badannya, wajib dibuang dan dimandikan lagi. Jika keluar najis setelah di atas kafan, tidak perlu diulangi mandinya, cukup hanya dengan membuang najis tersebut.

8. Bagi jenazah wanita, sanggul rambutnya harus dilepas dan dibiarkan terurai ke belakang. Setelah disiram dan dibersihkan, lalu dikeringkan dengan handuk dan dikepang. Keringkan tubuh jenazah setelah dimandikan dengan handuk sehingga tidak membasahi kain kafannya.

9. Selesai memandikan jenazah, berilah wangi-wangian yang tidak mengandung alkohol sebelum dikafani. Biasanya menggunakan air kapur barus.

Tata cara mengurus jenazah berikutnya yaitu mengafani jenazah. Ada beberapa perbedaan cara mengafani jenazah laki-laki dan perempuan. Adapun tata cara mengafani jenazah perempuan adalah sebagai berikut:

Cara Mengafani Jenazah Perempuan

1. Langkah pertama, bentangkan dua lembar kain kafan yang sudah dipotong sesuai ukuran jenazah. Letakkan kain sarung tepat pada badan antara pusar dan kedua lututnya. Setelah itu, persiapkan baju gamis dan kerudung di tempatnya.

2. Selanjutnya, sediakan 3–5 utas tali dan letakkan di paling bawah kain kafan. Sediakan juga kapas yang sudah diberikan wangi-wangian, yang nantinya diletakkan pada anggota badan tertentu. Jika kain kafan sudah siap, angkat dan baringkan jenazah di atas kain kafan.

3. Letakkan kapas yang sudah diberi wangi-wangian tadi ke tempat anggota tubuh seperti halnya pada jenazah laki-laki. Kemudian, selimutkan kain sarung pada badan jenazah, antara pusar dan kedua lutut. Pasangkan baju gamis berikut kain kerudung. Untuk yang rambutnya panjang bisa dikepang menjadi 2/3, dan diletakkan di atas baju gamis di bagian dada.

4. Terakhir, selimutkan kedua kain kafan selembar demi selembar mulai dari yang lapisan atas sampai paling bawah. Setelah itu ikat dengan beberapa utas tali yang tadi telah disediakan.

Cara Mengafani Jenazah Laki-laki

1. Pertama, siapkan tali-tali pengikat kafan secukupnya. Kemudian, letakkan secara vertikal tepat di bawah kain kafan yang akan menjadi lapis pertama. Bentangkan kain kafan lapis pertama yang sudah dipotong sesuai ukuran jenazah.

2. Langkah berikutnya, beri wewangian pada kain kafan lapis pertama. Setelah itu, bentangkan kain kafan lapis kedua yang sudah dipotong sesuai ukuran jenazah.Beri wewangian pada kain kafan lapis kedua.

3. Setelah itu, bentangkan kain kafan lapis ketiga yang sudah dipotong sesuai ukuran jenazah. Beri wewangian pada kain kafan lapis ketiga dan letakkan jenazah di tengah-tengah kain kafan lapis ketiga.

4. Tutup dengan kain lapis ketiga dari sisi kiri ke kanan, kemudian kain dari sisi kanan ke kiri. Kemudian tutup dengan kain lapis kedua dari sisi kiri ke kanan, kemudian kain dari sisi kanan ke kiri.

5. Selanjutnya,tutup dengan kain lapis pertama dari sisi kiri ke kanan, kemudian kain dari sisi kanan ke kiri dan Ikat dengan tali pengikat yang telah disediakan.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Smansa Pasaman Gelar Pelatihan Asesmen Berorientasi Literasi Numerasi

Salah satu ciri bangsa yang maju adalah bangsa yang mempersiapkan generasi penerus sebagai elemen penting penerus cita-cita bangsa. Penyiapan generasi muda atau sumber daya manusia sa

29/05/2024 09:45 WIB - Mon Eferi
Rapat Terakhir Sebelum Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah Smansa Pasaman

Pagi ini, Selasa 26 Maret 2024, suasana pertemuan di Ruang Guru SMA Negeri 1 Pasaman terasa berbeda. Selain unsur pimpinan, majelis guru dan pegawai, juga terlihat hadir Ketua Komite Se

13/05/2024 11:11 WIB - Mon Eferi
Halal Bihalal ke Rumah Kepala SMAN 1 Pasaman

Kegiatan yang paling trend sehabis hari raya Idul Fitri adalah acara Halal Bihalal, yaitu tradisi berkumpul bersama untuk mempererat silaturahmi, saling bermaafan, dan tak lupa makan-ma

22/04/2024 14:55 WIB - Mon Eferi
Pisah Sambut Kepala SMA Negeri 1 Pasaman

Pagi ini, Sabtu 30 Maret 2024, bertempat di Ruang Majelis Guru Smansa Pasaman, telah diselenggarakan acara Pisah Sambut Kepala SMAN 1 Pasaman, yaitu penyambutan Ibu Suhelpi, S. Pd., M

30/03/2024 14:20 WIB - Mon Eferi
Rapat Terakhir Sebelum Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah Smansa Pasaman

Pagi ini, Selasa 26 Maret 2024, suasana pertemuan di Ruang Guru SMA Negeri 1 Pasaman terasa berbeda. Selain unsur pimpinan, majelis guru dan pegawai, juga terlihat hadir Ketua Komite Se

26/03/2024 14:12 WIB - Mon Eferi
PPDB Kelas Berasrama SMAN 1 Pasaman TP. 2024-2025 Selesai Lebih Cepat

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) kelas berasrama di SMA Negeri 1 Pasaman telah selesai. Hal ini disampaikan oleh Waka Kesiswaan SMA Negeri 1 Pasaman, H. Maryules Hendra M.Pd. Rabu 2

20/03/2024 13:14 WIB - fadli syahrair
DAFTAR SISWA YANG LULUS SELEKSI DI KELAS BERASRAMA SMAN 1 PASAMAN TAHUN 2024

Berikut daftar siswa yang dinyatakan lulus seleksi kelas berasrama. Siswa yang dinyatakan lulus akan mengikuti wawancara kesiapan tinggal di asrama pada hari Jum'at , 15 Maret 2024

13/03/2024 14:34 WIB - fadli syahrair
KPRI SMAN 1 Pasaman Gelar RAT Tahun Buku 2023

Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) SMA Negeri 1 Pasaman Tahun Buku 2023 Kamis, 07 Maret 2024   Koperasi Pegawai Republik Indonesi

07/03/2024 11:45 WIB - Mon Eferi
DAFTAR SISWA LULUS SELEKSI ADMINISTRASI PPDB KELAS BERASRAMA 2024

Daftar siswa yang lulus seleksi kelas berasrama akan mengikuti tes akademik pada hari Minggu, 3 Maret 2024 di SMA Negeri 1 Pasaman yang dilaksanakan secara luring (Offline). hal yang p

01/03/2024 14:17 WIB - fadli syahrair
SMAN 1 Pasaman Hadiri Bedah Buku "200 Tahun Perang Padri"

    SMA Negeri 1 Pasaman memenuhi undangan bedah buku "200 Tahun Perang Padri" karya Prof. Dr. Gusti Asnan, Tokoh Sejarawan Nasional asal Lubuk Sikaping yang menjadi Guru

01/03/2024 10:00 WIB - Mon Eferi